Cara setel rantai motor

Baru nyadar bahwasanya saat motor dipakai kok dari rantai terasa berisik banget dan mengganggu telinga langsung saja sampai rumah kena oprek dah bagian penggerak yang satu ini.

image

Keliatan kendor banget ternyata

Pantas saja suara brisik. Ternyata rantai dah mulai kendor dan kurang pelumasan alias kering. Yang kayak gene neh yang sering gak kepikir atau pun malas untuk ngerawatnya. Dan mengakibatkan cepat rusaknya rantai motor Anda.

Dari pada harus dibawa kebengkel dan ngurangin duit walaupun hanya skitar 3-5ribu sayang kan..

Mendingan dikerjain sendiri dan duitnya buat infak atau untuk para fakir miskin disekitar Anda. Dapat pahala dan bantu sesama. Mudah kok cara ngerjainnya.

Yuk disimak bersama sama. 😀

1. Standarkan tengah motor Anda.
2. Kendorkan baut as roda belakang Anda dengan kunci yang pas.
3. Putar mur spaner bagian kiri terlebih dahulu dengan kunci T atau juga kunci pas/ ring yang Anda miliki sampai rantai terlihat lebih kencang 2-3 cm saat dicek rantai keatas kebawah untuk rantai bagian bawah.

image

4. Kemudian pindah ke spaner bagian kanan dan kencangkan mur dan liat keadaan roda pas tengah dengan lengan ayun bagian depan atau belum. Ada juga yang melihat garis-garis yang ada disekitaran as roda tetapi belum tentu pas tengah karena mungkin pernah ganti spaner dan lain sebagainya.

5. Setelah selesai semua kencangkan baut as roda dengan cara putar roda dan injak rem dengan hentakan agar kampas sesuai dengan tromol kemudian kencangkan baut as roda.

6. Cek terlebih dahulu kekencangan rantai dan lumasi dengan pelumas. Bisa oli baru, oli bekas, ataupun chain lube khusus untuk rantai.

Buat catatan saja sebelum disetel liat kondisi gear belakang dan juga kondisi rantai. Jika sudah runcing dan rantai terlalu kendor lebih baik ganti yang baru supaya tak membahayakan dan terjadi hal hal yang tak diinginkan.
image

Sekian

Brum brum…..

Pembuatan arang kayu

Suatu sore NO’b edisi nganter bokap ke daerah sidomulyo pengasih Kulon Progo untuk berkunjung ketempat temennya kakak ngaruhke kusen pesanan yang belum jadi.

Sampai dirumah orang yang dituju NO’b tertarik akan tumpukan hitam yang mengeluarkan asap dan mendekat serta bertanya tanya.

Dan menghasilkan ”cara membuat arang kayu”

Pertama siapkan bahan yang akan digunakan yaitu kayu bakar. Buat seperti pagar untuk mengatur tumpukan kayu dan ditata dengan rapi dan diusahakan jangan ada rongga. Rongga hanya untuk bagian bawah sendiri agar mudah dalam pembakaran.

Setelah itu tutup kayu bakar dengan daun daun basah maupun kering sampai semua kayu tertutup sempurna dan ditimbun dengan bekas arang sisa. Jikalau tidak ada dengan daun saja atau terpal juga bisa yang penting tak ada udara yang bisa masuk.

Setelah itu mulai bakar dari bagian bawah yang berongga. Setelah mulai terbakar kemudian tutup dengan daun dan juga sisa arang tadi.

Proses pembakaran sendiri terbilang cukup lama. Bisa sekitar 3 hari sampai kayu bakar benar benar menjadi arang.

image

Kayu bakar bahan pembuatan arang

image

Proses pembakaran

image

Sisa pembakaran

image

Siap edar

Mungkin saja para pembaca ada yang lebih tau dan lebih berpengalaman silahkan komen saja. Dan juga jikalau ada yang membutuhkan arang kayu buat dipakai sendiri NO’b bisa mbantu mencarikan 😀
Ditunggu komentarnya !!!!!

Brum brum…….

Trik cepat lepas roda belakang suzuki Thunder 125

Mungkin semua orang sudah tau bagaimana cara melepas roda belakang motor. Akan tetapi tak semua tau trik tercepat melepasnya. Dan disini NO’b cuma mau berbagi pengalaman aja yang selalu dipraktekin.

Siapkan alat dan bahan(alat praktek :-D) yang akan digunakan.
Contoh bahan : suzuki thunder 125.

posisikan motor dan gunanakan standar tengah agar aman dan nyaman mau diapakan tu roda 😉

image

Kemudian langsung aja kendorkan baut as roda dengan kunci 19 dan 17 dan lepaskan mur sisi kanan. Langsung cabut as roda tanpa harus melepas setelan rem dan stoper rem (mur 14).

image

Ganjal dengan kaki agar as roda enak di cabut dan roda tak langsung jatuh.

Kemudian perlahan roda ditarik ke bawah dan lepaskan rantai dan juga gear belakang. Kemudian roda geser kekiri agar roda terlepas dari kampas dan tinggal tarik roda.

image

Setelah roda diluar terserah mau diapakan. Mau ganti ban, laher, karet angkat atau apapun terserah saja.

Kecuali kalau mau ganti kampas rem mending semuanya dilepas (mur pengunci kampas dan stoper).

Sebagai tambahan, cek keadaan part yang terlihat. Jika kampas berdebu dan licin atau jika direm berbunyi bersihkan kampas dengan disikat kawat dan disemprot udara bertekanan.

image

Jangan lupa debu yang ada di tromol juga disemprot.

Setelah semua beres kembalikan seperti sedia kala.

Kesulitan yang sering terjadi kebanyakan saat memasang bos kanan. Gunakan pengungkit apa saja supaya bos bisa dipasang.

Semoga bermanfaat ini untuk segala kendaraan yg tanpa bos gear seperti honda c100, rx king, yamaha cripton dan lain sebagainya.

Brum brum…….

Embung kleco di girimulyo

Kulon progo ternyata mempunyai banyak tempat tempat yang eksotis untuk memanjakan pandangan mata dan indahnya ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.

Salah satu saja yang berada di kulon progo adalah embung kleco (waduk mini) atau juga waduk buatan untuk tandon (tempat.red)air.

Tak membahas tentang kegunaannya tetapi akan panorama indah bersamanya.

Monggo dilihat lihat mawon….;-)

image

Jalan menuju embung daerah karang asem

image

Pertigaan jembatan sawahaking

image

Pemandangan sawah sebelum menuju embung

image

Papan petunjuk arah embung

image

Pemandangan ditepi jurang

image

Prasasti tak bernama

image

Anak dan istri

image

Melihat ikan

image

Panorama indah embung kleco

Bagi para penikmat panorama pegunungan yang indah dan memukau. Jangan kau abaikan tempat ini. Rugi berat kalau Anda tak memanjakan mata ditempat ini. 😉

Brum brum……

Cara ganti sil magnet supra V

Bismillah…
Langsung ke tkp aja bro siapkan alat dan bahan yang akan digunakan serta sarana penunjangnya.
1. untuk lebih enaknya lepas bagian cover samping kiri atau pun semua jika diperlukan.
2. Buka baut pengikat persneling dan lepaskan.
3. Buka cover magnet dengan kunci T 8.
4. Jangan sampai lupa tap (kuras) oli mesin dulu.
5. Langkah selanjutnya lepas magnet dengan menggunakan traker sabuk, kunci ring 14, dan traker magnet khususnya. Sama dengan honda win

image

Penampakan magnet dan trakernya:-)

6. Lepas pulser dan juga spulnya dari dudukannya dengan kunci T 8.
7. Lepas dua baut dudukan pulser dengan menggunakan obeng ketok.
8. Langkah paling susah yaitu melepas dudukan pulser dari tempatnya karena kebanyakan sil o ring di lem serta sepan jadi trik yang digunakan dengan cara diangkat dengan traker khusus seperti ini

image

Caranya dengan menggunakan 2 baut kepala 10mm dan tempatkan pada drat dudukan magnet seperti gambar diatas. Dan angkat dengan mengencangkan mur.

image

Setelah terlepas semua bersihkan semua bagian dan lepas sil magnet pada plat dudukan pulser bagian belakang.
Kemudian pasang sil magnet dan kembalikan dan pasang seluruh bagian kebalikan dari pembongkaran.

Jangan lupa isi kembali oli mesin. Dan cek dengan menghidupkan mesin beberapa saat.
Brum brum…..

Banjir bensin pada motor batangan serta motor kran manual

nunkiman O'blog

Assalamu’alaikum….

Sobat semua yang mempunyai motor batangan alias motor sport versi lawas seperti Megapro, Thunder, Tiger, GL, dan lain-lainnya lah yang sesuai jamannya yang masih mengaplikasikan kran bensin manual (intinya belum memakai pompa vacum/diafragma) 🙂

Sering kan yang mengalami banjir bensin tiba-tiba ketika motor diparkirkan dalam waktu lama ?

Nah usut punya usut bahwasannya bahan bakar yang terdapat dalam karburator itu meluap dan melebihi batas dari pelampung pada karburator dan bahan bakarpun keluar lewat lubang buang ataupun bisa meluber kesemua bagian karburator.

Masalahnya sih simple saja kok yaitu jarum pelampung itu rusak. Yupz, jarum pelampung atau bahasa sononya disebut Ventilator. Jarum pelampung ini rusak karena  bahan bakar dari tangki terus mendesak ke karburtor karena gaya gravitasi.

Karena bahan bakar terus terdorong ke karburator melewati jarum pelampung ini maka makin lama komponen inipun akan rusak, apalagi jika didiamkan dalam waktu lama dan kran bensin tidak ditutup maka bahan bakar akan terus…

Lihat pos aslinya 139 kata lagi

Siklus bahan bakar (bensin) Cara cepat mencari data

nunkiman O'blog

Assalamu’alaikum..

Cuma mau berbagi aja neh brother – sister

Aku punya file nih yang bisa ngitung cepet nyari compresi, kompresi rasio, temperatur dan lain-lain dengan hanya mengetik inputannya di data geometri mesin. Untuk keterangan lebih lanjut silahkan belajar sendiri. 🙂

mau download ya klik di Siklus bahan bakar ini.

Semoga bermanfaat ….

Salam blogger Indonesia….

Lihat pos aslinya