Cara setel rantai motor

Baru nyadar bahwasanya saat motor dipakai kok dari rantai terasa berisik banget dan mengganggu telinga langsung saja sampai rumah kena oprek dah bagian penggerak yang satu ini.

image

Keliatan kendor banget ternyata

Pantas saja suara brisik. Ternyata rantai dah mulai kendor dan kurang pelumasan alias kering. Yang kayak gene neh yang sering gak kepikir atau pun malas untuk ngerawatnya. Dan mengakibatkan cepat rusaknya rantai motor Anda.

Dari pada harus dibawa kebengkel dan ngurangin duit walaupun hanya skitar 3-5ribu sayang kan..

Mendingan dikerjain sendiri dan duitnya buat infak atau untuk para fakir miskin disekitar Anda. Dapat pahala dan bantu sesama. Mudah kok cara ngerjainnya.

Yuk disimak bersama sama. 😀

1. Standarkan tengah motor Anda.
2. Kendorkan baut as roda belakang Anda dengan kunci yang pas.
3. Putar mur spaner bagian kiri terlebih dahulu dengan kunci T atau juga kunci pas/ ring yang Anda miliki sampai rantai terlihat lebih kencang 2-3 cm saat dicek rantai keatas kebawah untuk rantai bagian bawah.

image

4. Kemudian pindah ke spaner bagian kanan dan kencangkan mur dan liat keadaan roda pas tengah dengan lengan ayun bagian depan atau belum. Ada juga yang melihat garis-garis yang ada disekitaran as roda tetapi belum tentu pas tengah karena mungkin pernah ganti spaner dan lain sebagainya.

5. Setelah selesai semua kencangkan baut as roda dengan cara putar roda dan injak rem dengan hentakan agar kampas sesuai dengan tromol kemudian kencangkan baut as roda.

6. Cek terlebih dahulu kekencangan rantai dan lumasi dengan pelumas. Bisa oli baru, oli bekas, ataupun chain lube khusus untuk rantai.

Buat catatan saja sebelum disetel liat kondisi gear belakang dan juga kondisi rantai. Jika sudah runcing dan rantai terlalu kendor lebih baik ganti yang baru supaya tak membahayakan dan terjadi hal hal yang tak diinginkan.
image

Sekian

Brum brum…..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s