Vario kencing air radiator

Ketika maen ketempat bengkel tetangga, ada teman yang datang membawa vario putih dan bilang di indikator spedo muncul lampu merah pertanda mesin terlalu panas dan ok5juga ketika diisi air radiator langsung ”KENCING” pada lubang ventilasi pompa.

Pengecekan pada bagian pompapun dilakukan. Pertama tama buka bagian radiator unit sampai terlepas semua. Awas jikalau ada air radiator yang tersisa. Siapkan bak penampungan dari pada becek…

image

image

Lepas penutup pompa air dan liat keadaan sealnya. Indikasi kebocoran berasal dari seal mechaninal yang ada didalam mekanisme pompa. Lepas dan ganti dengan yang baru.

image

Melepasnya lumayan susah. Dianjurkan memakai sst. Karena ndak punya ya pake obeng – (minus) asal hati hati ndak apa (not recomended) 😀

image

image

Setelah terlepas, pasang seal yang baru. Perhatikan coakan yang ada pada seal bagian dalam. Dianjurkan ada dibagian atas ( rekomendasi bengkel profesional ) 😛
Pasang dengan sst yang besarnya sama dengan lebar seal dan pukul secara perlahan.

Pasang juga seal yang satunya pada turbin pompa bagian belakang.

Setelah semua beres, rakit kembali kebalikan dari pembongkaran.

Dan cek hasilnya. Jangan lupa isi air radiator dengan yang baru. (Yang lama kan tinggal dikit :-))

image

Merek aqua. 😀

Dan hidupkan mesin…..

Cek dan tambah air radiator dan juga pada bak penampungan.

Brum brum…..

Semoga berhasil…!!!

video Kuda joget dari kebumen

Alhamdulillah kemaren pas ada pawai khotmil qur’an di kebumen aq dapet peran sebagai phototografer gadungan dan diserahin handycam serta kamera.

Akan tetapi handy ndak bisa buat record dan kamera habis memory n jadinya abadikan dengan hengpon aja.

back to topik nih. Ada tradisi unik dan lucu yaitu ngeliat kuda goyang yang di gameli (musik) dan berjingkrak seperti menari. Terdiri dari satu kuda dan personil skitar 10 orang yang membawa alat musik dan menyanyi.

Tradisi ini denger denger buat para siswa atau santri yang sudah khatam qur’an dan ada juga buat khitanan. ”Tp sebelum dikhitan lho….”

Tetapi untuk lebih jelasnya penulis belum mendapat referensi yang pas. 😛

Monggo saksikan aja.

Cekidut…..

http:// Tonton “ajian jaran bergoyang asal kebumen” di YouTube
https://www.youtube.com/watch?v=i47-Vgk1_fU&feature=youtube_gdata_player

Cara ganti disk ped vario

Terima kasih Anda telah terperangkap di artikel tutorialku ini. Disini aku hanya mau share aja pengalaman mengganti diskped vario yang bisa Anda kerjain sendiri tanpa bantuan bengkel. Yang penting Anda yakin dan percaya kemampuan Anda sendiri.

Langsung aja tanpa basa basi alat dan bahan yang perlu dipersiapkan antara lain kunci T 8, kunci L bintang 5mm, pengungkit kalo aq pake kunci ring 24mm atau terserah anda mau pakai apa aja boleh. Dan jangan lupa diskped yang baru.

Pertama lepas baut pengikat diskped baut 8mm panjang dengan kunci T 8mm. Kemudian lepas baut bintang yg mengikat kaliper dengan tabung sok.

image

Melepas baut kaliper

Kemudian lepas diskped dari kaliper dan penahanya juga serta bersihkan kaliper dengan menyemprotkan angin bertekanan. Kalau tak ada yang terpenting piston penekan dibersihkan dengan majun/ lap.

image

Diskped bekas

Selanjutnya tekan piston penekan diskped dengan kunci ring 24 atau terserah Anda. Intinya piston bisa ditekan sampai mentok. Jika berat atau juga susah mentok, kendorkan baut nepel/ baut pengeluaran oli dan biarkan oli rem keluar dan tekan sampai piston mentok. Atau juga bisa buka reservoir di master silinder atas (tempat ngisi oli rem).

image

Tekan piston dengan kunci ring 24

Usahakan oli rem jangan sampai terkena body motor. Jika masih terkena segera lap dengan air agar cat body motor tidak rusak.

Setelah selesai semua dan dibersihka rakit ulang kaliper dan pasang diskped yang baru.

image

Kampas aftermarket

Yang ini ganti pakai diskped aftermarket yang lebih empuk akan tetapi lebih cepat habis dipakai.

Jika semua telah selesai dipasangkan kembali cek terlebih dahulu putaran roda dan rem berulang ulang. Kalau hanya sedikit kurang lancar tak apa karena diskped dan piringan cakram belum mapan. Dipakai 2-3 hari juga sudah lancar.

Andai saja tetap tidak lancar harus bongkar semua isi kaliper dan bersihkan dan cek juga keadaan sil piston atau juga bisa disebut service rem.

Cek juga keadaan oli rem pada reservoir, jika berkurang banyak tambahin sampai batas dan dapat dilihat dari kaca reservoir kok.

Test drive deh kalo sudah beres.

Brum brum……..

Ganti sil sok depan cbr 150 R

Menanggapi ajakan kang aziz langsung menuju garasi warung dohc buat ngisi kegiatan dan disuguhi cbr 150 R buat ganti sil sok depannya.

Gak pake banyak cakap mumpung mesin dah diganjal pake jack stand dan dirasa aman eksekusi langsung…:-D

Lepas roda kemudian dudukan caliper cakram dari tabung sok (kunci bintang) dan selanjutnya lepas slebor (lupa bahasa kerennya).

Kemudian kendorkan baut yang mengikat batang sok. Baut 12mm berjumlah 4 buat 2 buah sok dan jika pake stang jepit kendorkan sekalian. Intinya sok bisa dilepaskan saja. 😛 Jangan lupa klip penahannya juga dilepas pake obeng minus kecil atau juga tang circlip

image

Penampakan setelah terlepas

image

Setelah semua beres cari tempat yang lebih longgar dan kendorkan baut L yang ada di bokong tabung (ujung bawah) dan jangan lupa tahan tabung sok supaya tak ikut berputar.

Jika baut L gak bisa langsung dikendorkan berarti harus keluarkan dulu isi sok yaitu lepas baut penahan pegas dan keluarkan seluruh isinya. Jangan sampai ada yang tercecer dan terlupakan nanti pusing dikemudian jam. 🙂

Setelah isi perut keluar masukkan spesial tol buat nahan sulingan yang masih terikat dengan baut dan kendorkan.

image

Tampang sst bikin dadakan

Jika baut sudah bisa dilepas keluarkan lg isinya dan hati hati terhadap part yang terlepas. Ingat ingat posisi supaya mudah dalam perakitan. Lakukan pada kedua sok.

Jika sudah terlepas ambil tabung sok dan lepas sil penutup debu, kawat penahan dan sil sok yang akan diganti dengan mencongkelnya dengan obeng minus. Usahakan tabung tak tergores jadi selalu hati hati ya.

image

Jeroan sok diacak acak

image

Part pengganti pake sil set punya tiger dengan harga 26.000 satu paketnya yang terdiri dari sil sok dan penutup debu. Dan oli sok jumbo 9.000

Sebelum dirakit bersihkan semua part dengan bensin dan lap agar tak licin dan lengket karena oli.

Sekian untuk pembongkarannya, semoga bermanfaat.

Lanjutannya menyusul kalo jadi. :-D:-D:-D

Brum brum…..

Kenapa motor mendadak mati??

Ketika sedang asiknya bermain dengan sitole tiba tiba ada pelanggan datang dan dengan terengah engah sambil bilang. ”macet mas, tadi kayak kehabisan bensin dan setelah diisi ndak mau nyala”. Dan langsung tak jawab. ”Ngih bu, silahkan duduk dulu”.

image

Motor langsung distandar tengah dan eksekusi berlangsung.

Buka dek bawah deket mesin bagian kanan dekat busi dengan melepas 4 bautnya dan kemudian lepas busi dan cek percikannya. Nyala besar tapi ada yang aneh, warna percikannya agak putih.

Karena bilang tadi sempet kehabisan bensin langsung deh bongkar dek bawah bagian kiri dan bongkar tuh karbu sekalian dibersihin serta cek apa yang tak beres. Tapi hasilnya normal semua dan rakit karbu dan pasang kembali ketempat awal.

Setelah semua terpasang dengan normal kembali mencoba menghidupkan mesin dan hasilnya zonk…..

Setelah dipikir ulang apa yang kurang beres mencoba ambil busi baru dan tes percikannya.

image

Warna percikan kebiru biruan

image

Letikan busi berwarna putih

warna percikan putih

Setelah liat kejanggalan percikan busi tersebut tanpa pikir panjang langsung ganti busi yang baru dan jrenkkk…..
Motor nyala dengan normal jaya…. 😀

Dan kesimpulan yang didapat bahwasannya letikan busi yang paling baik adalah merah kebiru biruan. Jika warna putih, merah dan jika percikan nyebar dan ndak fokus berarti kondisi busi jelek dan lebih baik ganti dengan yang lebih baik. 😛

Yo tho……….????

Brum brum……

Posted from WordPress for Android

Ganti oli kompresor angin

Dah punya kompresor lebih dari 2th dan itu aja beli sekonda gak pernah ganti oli kompresornya???
Keterlaluan ternyata. B-)

Dan ketika dilihat lihat pada kaca indikatornya warna sudah berubah menjadi coklat susu indikasi dari tercampurnya oli dan air.
Wuaduah……

Dan dengan tekat kuat dan keberanian yang tinggi serta kemauan dan jadilah tulisan ini. Ehehehe….

Pertama tama siapkan alat dan bahan dan langsung aja baut tap dieksekusi dengan kunci 10mm tetapi sebelumnya siapin wadah untuk oli tapnya agar tak tumpah kelantai dan miringkan kompresor kesamping agar oli lancar keluar dari persembunyianya. 😛

image

Kemudian tunggu sampai oli kira kira keluar semua dan dibantu dengan semprotan air bertekanan biar lebih cepet habis pada lubang pengisian.

Setelah dirasa cukup tutup baut pembuangan dan isi oli kompresor kurang lebih 200ml.

image

Atau sampai batas sekitar 2/3 terlihat dari kaca indikator oli.

image

Oli yang digunakan adalah oli mesin 4tak. Sebenarnya ada oli khusus untuk kompresor akan tetapi karena malas dan kurang taunya oli apa dan nyari dimana jadi pake oli 4tak juga bisa di gunakan kok. 😀

Kemudian tutup lubang pengisian dan bersihkan sisa oli yang belepotan. Dan test drive….

Brum brum……

Posted from WordPress for Android